Inilah 10 Tempat Wisata di Aceh yang Populer

Inilah 10 Tempat Wisata di Aceh yang Populer - NAD atau lebih dikenal sebagai Aceh adalah provinsi di ujung Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pantai ke pegunungan. Setelah kerusakan yang disebabkan oleh tsunami pada tahun 2004 di sebagian besar wilayah termasuk tempat-tempat wisata, Aceh kembali dan mengatur sektor pariwisata sangat baik.

Merencanakan liburan ke Aceh? Melihat yang terbaik 10 Destinasi Pariwisata di Aceh yang layak untuk dikunjungi:

1. Baiturrahman Masjid
Baiturrahman Masjid
Baiturrahman Masjid
Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 telah menjadi ikon Aceh. Bangunan utama masjid putih dengan kubah besar berwarna hitam yang dikelilingi oleh tujuh menara. Kesan megah semakin terasa dengan adanya kolam besar dan air mancur di depan masjid mengingatkan pada Taj Mahal di India.

Masjid adalah tempat pariwisata di Aceh yang banyak dikunjungi karena keindahan. Situs Huffington Post dimasukkan Masjid Baiturrahman ke dalam daftar 100 masjid yang paling indah di dunia, bahkan Yahoo! menyebut masjid ini sebagai salah satu dari 10 masjid yang paling indah di dunia. Hal ini tentu saja semakin membuat orang bangga Aceh dan Indonesia.

Jika Anda ingin membeli souvenir, Anda bisa datang ke pasar Aceh, terletak di bagian belakang masjid. Setelah puas berkeliling, Anda dapat memiliki wisata kuliner karena ada banyak penjual makanan di pasar ini.

2. Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam
Air terjun ini terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara dan dapat dicapai dalam waktu 30 menit dari Lhokseumawe. Di sini Anda dapat melihat air terjun kembar dengan ketinggian 75 meter dikelilingi oleh pohon-pohon rindang. Jika Anda ingin pengalaman yang berbeda, cobalah untuk datang dengan membawa peralatan berkemah Anda.

3. Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom
Air Terjun Suhom
Air terjun ini terletak di Desa Suhom, Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Untuk dapat mencapai tempat-tempat ini, Anda harus melewati jalan-jalan naik-turun dengan pemandangan pegunungan Paro dan Kulu. Dalam perjalanan, jangan heran melihat banyak monyet yang berkeliaran di jalan. Monyet ini biasanya diminta buah atau makanan ringan lainnya pada pengguna jalan yang lewat.

4. Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk
Aceh tidak perlu cemburu ke Bali yang memiliki banyak pantai yang indah karena ada juga banyak pantai dengan pemandangan yang menakjubkan di Aceh. Salah satu destinasi wisata yang dapat dilihat adalah Lampuuk Beach. Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Kuta di Aceh. Lampuuk pantai memiliki garis pantai dari 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing di ujung pantai. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini mulai dari berselancar, berjemur, berenang dan juga bermain banana boat.

5. Museum Tsunami
Museum Tsunami
Museum Tsunami
Tsunami membelai Aceh pada tahun 2004 meninggalkan duka bagi para korban merasa. Untuk menghormati memori dari korban, Museum Tsunami dibangun pada Sultan Iskandar Muda jalan pada tahun 2009.

Di dalam museum, ada lorong panjang dengan deru ombak dan air yang mengalir yang akan mengingatkan Anda tentang bencana besar. Tujuan Pariwisata ini selalu banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat apa yang tersisa dari tsunami. Banyak benda yang ditampilkan sebagai sisa bencana seperti sepeda korban. Selain itu, ada foto-foto korban yang meninggal dan kesaksian korban cerita juga alat simulasi gempa elektronik.

Museum ini dibangun sebagai pusat pendidikan dan tempat tinggal jika tsunami datang kembali. Museum ini buka setiap hari kecuali Jumat 10:00-17:00.

6. Pantai Iboih
Pantai Iboih
Pantai Iboih
Iboih pantai menawarkan keindahan bawah laut yang dapat Anda nikmati tanpa harus berenang sekalipun. Di sini Anda bisa snorkeling dan diving. Ketika Anda snorkeling, siap-siap Anda akan terpesona dengan air jernih. Jika Anda tidak puas bermain di air, Anda masih bisa menghabiskan waktu piknik di tepi pantai, di bawah sawit yang begitu menenangkan atau berjemur di bawah sinar matahari.

7. Pantai Lhoknga
Pantai Lhoknga
Pantai Lhoknga
Lhoknga lokasi pantai ini dekat dengan pantai Lampuuk terletak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Lhoknga pantai memiliki luas dan landai pasir, penggunaan cocok untuk berjemur atau bermain voli pantai. Ada juga pohon rindang di mana Anda bersantai. Jika Anda tidak puas bersantai dan berjemur, Anda dapat mencoba berselancar di laut. Lhoknga Beach memiliki gelombang yang cocok untuk berselancar dengan tinggi 1,5 sampai 2 meter.

8. Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue
Ulee Lheue pantai hanya sekitar 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya berada di Kecamatan Meuraxa. Kegiatan yang paling populer di pantai ini adalah memancing. Di daerah pesisir ada banyak penjual peralatan memancing jika Anda lupa untuk membawa alat-alat untuk memancing. Ada pegunungan yang ada di pantai, sehingga menambah keindahan Pantai Ulee Lheue.

9. Bukit Pantan Terong
Bukit Pantan Terong
Bukit Pantan Terong
Pantan Terong adalah sebuah bukit yang digunakan untuk menikmati keindahan Aceh Tengah dari atas. Tempat wisata ini terletak pada ketinggian sekitar 1.830 meter di atas permukaan laut. Anda dapat melihat Danau Laut Segar menyerupai kuali raksasa dari sini. Selain itu Anda juga dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan pemandangan sangat cantik.

10. Kuala Merisi
Kuala Merisi
Kuala Merisi
Kuala Merisi adalah tempat untuk menikmati pantai dengan suasana yang tenang dan diam. Hal ini terletak di desa Ketapang di Kabupaten Krueng Sabee. Dengan garis pantai yang panjang dan pantai kecil gelombang Kuala Merisi sangat cocok untuk bermain air di tepi pantai. Hal ini juga sering digunakan sebagai lokasi selancar karena ombaknya yang sangat cocok untuk olahraga air.