10 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Harus Dikunjungi - Sumatera Utara merupakan provinsi di Pulau Sumatera yang banyak dikunjungi wisatawan. Jika tempat yang banyak dikunjungi wisatawan, itu berarti bahwa di tempat itu ada tujuan wisata yang menarik. Apakah mereka?

1. Istana Maimun
Istana Maimun
Istana Maimun
Istana Maimun yang sekarang menjadi ikon Kota Medan, Sumatera Utara adalah peninggalan dari Kerajaan Deli. Sejak 1946, istana itu dihuni oleh ahli waris kesultanan Deli. Istana lebih dari 2.700 meter memiliki lebih dari 30 buah ruangan dengan desain interior yang merupakan perpaduan dari kebudayaan Melayu, Islam, Spanyol, dan Italia. Selain mengambil gambar di bangunan bersejarah ini, pengunjung juga bisa melihat koleksi Old Dutch furniture, koleksi foto-foto keluarga sultan, dan koleksi dari segala macam senjata.

2. Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso
Sipiso-piso terletak dekat dengan desa Tongging, Sumatera Utara. Sipiso-piso dikelola sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Kata "Piso" berasal dari pisau karena air terjun cepat seperti yang tajam pisau. Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

3. Masjid Agung Medan
Masjid Agung Medan
Masjid Agung Medan
Masjid Agung Medan terletak di Medan, Sumatera Utara dibangun pada tahun 1906 dengan gaya campuran antara Timur Tengah, Spanyol, dan India. Masjid Agung Medan sangat mudah ditemukan oleh wisatawan yang tertarik dengan keanggunan Masjid Agung Medan.

4. Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba adalah danau yang paling terkenal di Indonesia karena ukurannya yang besar dan bentuk yang unik di mana ada sebuah pulau di tengah danau. Dengan panjang sekitar 100 KM dan dan lebar sekitar 30 danau KM, Toba adalah danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara. Danau Toba adalah tempat wisata di Sumatera Utara, yang paling terkenal, jadi tidak perlu khawatir jika Anda ingin tinggal di Danau Toba karena di sisi Danau Toba ada banyak penginapan.

5. Pulau Samosir
Pulau Samosir
Pulau Samosir
Pulau Samosir adalah sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba yang memiliki ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Wisatawan dapat menyeberang ke Pulau Samosir dengan menggunakan kapal feri atau dengan menggunakan jalur darat. Pada Pulau Samosir Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah, menikmati wisata sejarah, wisata budaya dan kuliner Batak, sampai dengan mengunjungi pemandian air panas.

6. Pulau Nias
Pulau Nias
Pulau Nias
Nias memiliki reputasi dunia dengan pesona kegiatan batu dan berselancar melompat. 2 meteran dinding batu yang tinggi dapat dilewati oleh pemuda setempat sehingga mudah. Ini merupakan daya tarik Nias terkenal yang dapat Anda temukan di desa Bawomatauo.

Surfing di Nias adalah salah satu yang terbaik di dunia dengan gelombang besar dan menantang, sesuatu yang juga dapat ditemukan di Hawaii.

Pulau Nias terletak di Samudera Hindia di sebelah barat Pulau Sumatera. Sitoli Mountain adalah kota yang menjadi salah satu obyek wisata utama di sana. Anda dapat menemukan Museum Pusaka Nias di kota dengan 6.500 koleksi benda cagar budaya dari masyarakat Nias. Bersama dengan Danau Toba, Pulau Nias adalah beberapa tujuan wisata di Sumatera Utara yang terkenal di luar negeri.

7. Lintas Cinta
Lintas Cinta
Lintas Cinta
Ini adalah Tarutung landmark kota, lintas berbentuk monumen dibangun di bukit Siatas Barita Dolok untuk menghormati jasa, dedikasi, dan pengabdian yang luar biasa dari Dr. Ludwig Ingwer Nommensen. Nommensen adalah asal misionaris dari Marsch Nordstrand, Utara Jerman yang diajarkan agama Kristen di Tanah Batak untuk membebaskan masyarakat Batak dari animisme dan keterbelakangan peradaban.

Pada puncak ini Siatas Barita, Nommensen pernah mencoba untuk dibunuh oleh orang-orang Batak saat ibadah ritual berlangsung untuk sombaon Siatas Barita, semangat alam yang disembah oleh Batak. Ketika pemimpin spiritual (Sibaso) memerintahkan para pengikutnya untuk membunuh, Nommensen menghadapinya dan mengatakan bahwa roh adalah roh setan. Setelah itu, Sibaso jatuh dan tidak mengganggunya lagi.

Dari posisi silang ini, Anda dapat melihat kota Tarutung. Ada juga sebuah mezbah dan tempat duduk dengan kapasitas 600 orang untuk layanan gereja. Ada juga rumah-rumah kecil, yang disebut Rumah Doa, tempat di mana wisatawan bisa doa kepada Tuhan. Pesona objek wisata ini selalu ramai oleh kunjungan wisatawan.

8. Air Terjun Sigura-Gura
Air Terjun Sigura-Gura
Air Terjun Sigura-Gura
Ini adalah air terjun tertinggi di Indonesia, ketinggian 250 meter dan terletak di lanskap dekat Danau Toba. Lingkungan dingin dan sejuk adalah karakter tujuan wisata ini.

Aliran sungai dari air terjun Sigura-Gura sering menjadi kompetisi arung jeram di Indonesia serta dunia dengan torrent dan batu berkontur. Beberapa kegiatan yang populer selain arung jeram tentu saja berkemah di kawasan air terjun.

9. Kota Tarutung
Kota Tarutung
Kota Tarutung
Tarutung adalah ibukota kabupaten Tapanuli Utara, yang pada awal abad ke-19 adalah tempat yang ramai dikunjungi oleh orang-orang di sekitarnya untuk perdagangan yang berasal dari daerah Silindung, Humbang, Samosir, Toba, Dairi, termasuk dari selatan sebagai Pahae, Sipirok, Sibolga dan Barus,

Saat ini, Tarutung telah terkenal sebagai pusat wisata religi di Sumatera Utara. Di kota ini pusat kegiatan Gereja HKBP berada.

Selain Salib Kasih yang tengara memikat lain, di Tarutung ada juga air soda kolam pemandian yang hanya ada dua di dunia selain di Venezuela, yang disebut Aek Rara Tarutung.

10. Gunung Sibayak
Gunung Sibayak
Gunung Sibayak
Gunung Sibayak berapi yang masih aktif. Daya tarik menarik gunung adalah panorama alam yang indah. Sibayak Gunung yang terletak di Tanah Karo juga disebut Raja Gunung, adalah tempat favorit bagi mereka yang ingin melihat panorama yang indah dari kota Medan dan menikmati matahari terbit.